Penyebab Rem Depan Motor Jadi Keras dan Cara Mengatasinya

Rem adalah komponen penting dalam kendraan. Manfaatnya utama dipakai yakni untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik saat melalui jalan menurun ataupun bakal berhenti. Untuk itu keadaannya wajib masih prima. Tetapi demikian rem juga tidak lepas dari berbagai persoalan. Persoalan yang kerap terjadi adalah rem tidak "pakem" lantaran kampas rem telah menipis. Penyebab rem tidak pakem lainya juga dapat dikarenakan tersedianya gelembung udara dalam sistem. Apabila ini yang terjadi solusinya lumayan diperbuat bleeding saja. Caranya telah saya berbagi pada artikel sebelumnya yakni tutorial menanggulangi rem tidak pakem.

Penyebab rem depan keras pada umumnya adalah master rem yakni pada pistonya. Kerasnya rem tersebut lantaran piston rem pada master kotor alias rusak. Maka dari itu solusinya adalah dibongkar lalu dibersihkan alias diganti dengan yang baru. Untuk meperbuatya sebetulnya dapat diperbuat sendiri dirumah. Berikut ini langkah langkahnya
  • Pertama tama silahkan buka tuas rem terlebih dahulu
  • Lepaskan tutup master atas
  • Lepaskan klem pengunci piston rem
  • Tarik keluar piston
  • Bersihkan dengan udara bertekanan
  • Pasang kembali serta tambahkan minyak rem

Penyebab mutlak ada pada master rem yang berhubungan langsung dengan pedal alias tuas rem. Meskipun lumayan keras, biasanya tetap tetap bisa meperbuat pengereman tetapi membutuhkan tenaga lumayan besar untuk bisa menekan handle rem dengan cara maksimal. Simak juga tutorial menanggulangi rem cakram masuk angin alias ngempos.

Kerasnya rem dikarenakan sebab piston rem atas telah kering alias kotor. Maka dari itu, solusi yang bisa diperbuat merupakan dengan membersihkannya serta kembali membikinnya basah dengan cara merata.

Posisi piston ini bersinggungan langsung dengan pedal serta terbungkus karet, nah di dalam karet ini biasanya tak sedikit tersedia kerak alias kotoran yang mengdampakkan gerak piston menjadi macet.

Cukup dengan mencongkel karet jangan hingga seal rusak sebab wajib bisa di pasang kembali dengan cara rapat kemudian mengolesi dengan sedikit oli.

Ketika tutup karet telah terlepas maka piston bisa ditarik kebelakang (mundur) selanjutnya tahap inilah yang dilumuri pelumas agar tak kering yang menjadi pemicu macet serta tuas rem terasa keras.

Butuh diingat bahwa pembetulan semacam ini biasanya tak bakal sanggup bersi kukuh sebab sebetulnya piston telah cacat.

Nah itulah penyebab rem depan keras serta tutorial menanggulanginya. Tetapi butuh diingat, minyak rem tersebut jangan hingga tentang cat motor sebab dapat merusak. Untuk itu supaya lebih aman, kalian dapat melepas master rem terlebih dahulu dari dudukanya. Sebelum memasang kembali cek dulu kondisi piston serta karetnya. Apabila telah rusak silahkan ganti dengan yang baru. Harganya juga lumayan terjangkau yakni kurang lebih Rp 60 ribuan doang. Tapi kalau tidak yakin kalian perbuat sendiri gak usah memaksa, bawa aja ke bengkel terdekat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel